Rabu, 05 Mei 2010

WATER REMOVER

Masih menyambung postingan sebelumnya tentang common rail pada unit cwm 330.
Lagi lagi keluhan tentang rusaknya part's pada system bahan bakar seperti injector/Nozzle Assy, Common Rail, dan Unit Pump.....Dapat dibayangkan berapa biaya untuk mengganti part tersebut.


Tapi tunggu dulu, sepertinya bukan hanya CWM 330 yang mengalami kendala seperti ini, saya banyak lihat dijalan jalan, bagaimana Toyota Fortuner Diesel yang notabene belum lama, sudah mengeluarkan asap hitam yang berlebih. hem....lagi-lagi system bahan bakar dengan common rail yang mengalami masalah.

Bagaimana kerusakan ini terjadi ? Satu hal yang pasti adalah Kualitas bahan bakar Solar dan Perawatan yang kurang. Kualitas bahan bakar (Solar) sangat berpengaruh terhadap keawetan komponen/parts pada system bahan bakar. Unit pompa bahan bakar dan injector/Nozzle adalah mekanisme yang sangat presisi yang hanya dilumasi oleh Solar, sehingga jika daya lumas solar berkurang, dapat dibayangkan kerusakan yang akan terjadi.

Berkurangnya daya lumas Solar dapat disebabkan adanya Air dan kotoran yang tercampur dalam Solar. Untuk itu setiap kendarran Diesel biasanya dilengkapi dengan Primary Fuel Filter yang berfungsi juga sebagai Water Sedimenter. Saya anjurkan untuk mengecek water sedimenter minimum seminggu sekali dan membuang air yang ada melewati kran pembuangan.

Kami juga menganjurkan menggunakan Produk Water Remover bagi anda pemilik kendaraan Diesel, Water Remover berfungsi maksimal menghilangkan air yang tercampur dengan solar di tanki bahan bakar. Dengan demikian Primary Fuel filter dapat berfungsi maksimal dan tahan lebih lama.

Rajin service dan tune up ke bengkel langganan, dan mintalah untuk membersihkan nozzle  / injektor dengan syste purging. Dengan begitu komponen system bahan bakar dapat terjaga keawetannya.

0 komentar: